BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 14 April 2010

Semangat Kartini Menginspirasi Tantri



Sosok RA Kartini ternyata menjadi inspirasi bagi para artis wanita Indonesia. Perjuangan pahlawan emansipasi wanita asal Jepara, Jawa Tengah, dalam memperjuangkan derajat wanita agar sama dengan pria, memotivasi vokalis grup Kotak, Tantri, untuk terus berkarya di bidang musik.

"Kartini adalah sosok wanita yang tangguh, beliau menunjukkan bahwa wanita bisa juga melakukan pekerjaan pria. Wanita tidak hanya menjadi seorang ibu yang mengurus anak dan membersihkan rumah, walaupun memang itu kodrat wanita. Tapi wanita bisa juga menjadi pemimpin negeri," papar Tantri saat dihubungi via telepon, Selasa (13/4).

Profesinya sebagai seorang rocker juga menjadi pembuktian bagi Tantri bahwa usaha di bidang apa saja, wanita pasti bisa, asalkan mau belajar dan punya kepercayaan diri. Bahkan, bukannya tak mungkin bila wanita juga menjadi seorang presiden, seperti halnya mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

"Iya, kita pernah dipimpin oleh sosok wanita yaitu Ibu Megawati. Jadi mari para wanita-wanita Indonesia kita warnai Indonesia dengan tangan kita, layaknya Kartini memperjuangkan hak wanita," tandasnya.

Senada dengan Tantri, Laura Basuki melalui pesan yang dikirim BBM (BlackBerry Message), ia mengungkapkan kekagumannya pada semangat dan jiwa sosial dari RA Kartini dalam memajukan kualitas wanita Indonesia. Dan seyogyanya kaum wanita di zaman sekarang meneladani sikap tersebut untuk menjadi Kartini-Kartini modern.

"Semangat Kartini modern adalah semangat belajar. Jika ada wanita yang tidak sekolah, kita bisa mengupayakan pendidikan untuknya, itu baru Kartini. Karena pendidikan sangat penting. Selain pendidikan, budaya juga harus kita perjuangkan. Meskipun kecil kita harus menjaga budaya, itu semangat Kartini juga. Misalnya dengan mencintai dan menggunakan kebaya atau batik," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar